Benarkah Di Dunia Ini Ada Arwah Gentayangan?

Dari zaman dulu sampai sekarang ini, orang-orang dari kalangan manapun masih tetap percaya dengan adanya arwah gentayangan.

Saya sendiri bingung antara percaya atau tidak. Karena dari cerita yang beredar dari mulut ke mulut, sering mengatakan demikian. Namun setau saya, tidak ada arwah(ruh-ruh) yang kembali ke dunia manusia setelah mereka terpisah dari jasadnya. Yang ada mereka akan kembali kepada Sang Pencipta. Berdasarkan ayat ini:

“Katakanlah: Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan”. ( As Sajadah/32: 11).

Dan juga, menurut pelajaran-pelajaran dari guru ngaji yang saya dapati dan berdasarkah hasil searching di google. Berbagai situs menuliskan bahwa dalam banyak hadits yang menyatakan bahwa ruh orang yang meninggal itu di alam kubur akan mengalami dua nasib. Bagi ruh orang-orang mukmin yang shalih, maka akan dijembarkan/diluaskan kuburnya dan akan mengalami tidur panjang dengan mimpi-mimpi indah dan penuh kenikmatan (nikmat kubur).

Adapun ayat Al-Quran berbunyi: “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka,maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu.Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan di akhirat; di dalamnya kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang kamu minta”. (QS.Fushshilat/ 41: 30 32).

“Hai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai Nya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba Ku, dan masuklah ke dalam surga Ku”. ( QS. 89: 27 30).

Sedangkan bagi orang–orang kafir, munafik dan orang–orang jahat, maka ia akan disempitkan kuburnya dan mengalami berbagai siksaan kubur, hingga datangnya hari kiamat.

“(demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh
terhadap yang telah aku tinggalkan, sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan”.
(QS. Al Mukminun/23: 99 100).

“Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari jadinya kiamat. (dikatakan kepadai malaikat): Masukkanlah Firaun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras”. ( QS. Al Mukmin/40: 46).

Lalu, apakah mungkin mereka yang telah mati akan sempat kembali ke dunia sedangkan ia sedang mendapatkan sedikit balasan dari perbuatannya di dunia sebelum hari kiamat tiba?

Dari Abu Hurairah r.a. katanya,
Rasulullah saw., bersabda: Tidak ada penularan, tidak ada mayat
gentayangan menjadi hantu kuburan, tidak ada binatang tertentu yang muncul menyebabkan hujan dan tidak ada tabu di bulan shafar. (HR. Muslim).

Dari hadist diatas semakin meyakinkan bahwa tidak ada arwah gentayangan bukan?

Lalu siapa yang dimaksud dengan arwah gentayangan? Tentulah pasti ia adalah mereka iblis dan para keturunannya (syaithon) yang berubah wujud menyerupai orang yang telah mati dengan tujuan menakut-nakuti dan membuat manusia melakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT bahkan syirik. Karena semenjak iblis menolak perintah Allah SWT untuk bersujud kepada nabi Adam As, sejak saat itu iblis menjadi musuh nabi Adam As, dan sejak nabi Adam As diturunkan ke bumi bersama isterinya karena memakan buah yang telah dilarang untuk dimakan oleh Allah SWT di syurga, Iblis dan syaithon telah berjanji akan menghalang-halangi anak cucu Adam As untuk beribadah kepada Allah SWT dengan cara apapun. Sekali lagi perlu kita ingat bahwa tidak ada ruh yang telah berpisah dengan jasadnya akan kembali ke dunia manusia apalagi sebagai arwah gentayangan.

Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam artikel ini. Terimakasih telah berkunjung ^^

Iklan

2 thoughts on “Benarkah Di Dunia Ini Ada Arwah Gentayangan?

Jangan lupa tinggalkan jejakmu di sini :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s